KONSEP PEMBANGUNAN DAERAH

KONSEP PEMBANGUNAN DAERAH


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Heyhoo people. Saya Satria mudzaki akan membahas tentang "Konsep Pembangunan Daerah", daerah yang dimaksud disini yaitu daerah di tempat tinggal saya, bukan di kota London apalagi Dubai ya hahaha.

Awal cerita, Saya berasal dari Kota Tangerang dan tinggal di Kota Tangerang sampai saat ini, walaupun sekarang Saya lebih sering di tempat kos, tetapi Saya tetap warga Kota Tangerang dan tetap cinta Tangerang juga tentunya hohoho. Ohh iyaa, jika kalian bingung kenapa Saya menulis artikel tentang "Konsep Pembangunan Daerah", jawabannya adalah karena Saya mengambil jurusan teknik sipil di Universitas Gunadarma, jadi.. sebagai calon insinyur sipil *amiin* Saya harus berpikir tentang konsep pembangunan, terutama pembangunan di daerah Saya. Karena perkenalannya udah panjang, mari check this out pembahasannya dibawah ini oke! hahaha

Kota Tangerang menurut Saya adalah salah satu kota yang bisa dikatakan maju di Indonesia, apalagi kota ini memiliki julukan "Kota Industri" dimana banyak sekali pabrik-pabrik bertebaran di Kota Tangerang, yang membuat penduduk di Kota Tangerang semakin hari semakin padat, tetapi dibalik megah nya kota ini, banyak dari kita yang tidak tau atau bahkan sengaja menutup mata untuk tidak melihat sisi kelam kota ini, sisi kelam yang selalu membuat mata seolah tidak berkedip karena heran, dan membuat otak berpikir bahwa seharusnya kita lebih bersyukur. Kebanyakan orang lebih memilih menciptakan/membangun sesuatu yang baru, tanpa memikirkan bagaimana memperbaiki atau mengembangkan sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik.

Atas hal itu, "Konsep Pembangunan Daerah" yang saya bahas kali ini bukanlah tentang membangun sesuatu yang belum ada agar bisa bersaing dengan yang lainnya, melainkan tentang konsep perbaikan infrastruktur yang ada di kota ini. Berikut pembahasannya secara mendalam :

Rumah Kumuh di Kota Besar...

Tidakkah merasa aneh, menemukan banyak rumah kumuh di kota besar seperti Tangerang? Yaa memang, tetapi itulah kenyataannya. Konsep Saya untuk hal ini atau lebih tepatnya apa langkah yang akan Saya lakukan adalah. Pertama, Saya akan membangun perumahan yang layak huni di lokasi yang masih sepi penduduk, lokasi sepi penduduk dipilih agar tidak terjadi penumpukan pendudukan diwilayah-wilayah yang memang sudah ramai/padat. Kedua, Jika sudah dibangunnya perumahan tersebut, Saya akan melakukan penggusuran terhadap rumah-rumah kumuh itu, atau mungkin lebih tepatnya akan dilakukan pemindahan warga-warga yang tinggal di wilayah kumuh tersebut ke perumahan yang telah Saya buat. Ketiga, Saya berjanji akan mewujudkan hal itu.

Jika hal itu terwujud, banyak hal-hal yang akan terkena dampak positifnya, contohnya transportasi yang semakin lancar karena fungsi jalan raya berjalan sebagaimana mestinya karena tidak ada lagi rumah-rumah berbentuk kardus menghiasi trotoar, serta berkurangnya kepadatan disuatu tempat karena tempat yang sepi awalnya enggan untuk dihuni, dan masih banyak lagi.

Hal seperti itu memang tidaklah sebesar jika Anda membangun gedung pencakar langit yang megah dan mewah atau infrastuktur canggih lainnya. Tetapi tujuan Saya bukanlah mencolek langit dengan beton-beton tinggi yang ditancapkan ketanah, dan hal-hal lain yang hanya akan membuat manusia menjadi sombong, karena tujuan Saya adalah membuat tanah gersang menjadi berumput dan indah, dan memberikan atap bagi sebagian orang yang tidak memiliki atap (rumah) untuk berteduh. Jika bermanfaat dan membuat bahagia orang banyak lebih baik dan indah, mengapa masih mencoba untuk selalu membuat orang takjub? yang hanya akan membuat iri sebelah pihak.

Sekian artikel Saya kali ini tentang Konsep Pembangunan Daerah, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada kata-kata yang salah Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK SIPIL KERJANYA NGAPAIN YA?

ADA APA AJA DI TEKNIK SIPIL ???