ADA APA AJA DI TEKNIK SIPIL ???

ADA APA AJA DI TEKNIK SIPIL ???



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Heyhoo reader. Saya Satria Mudzaki, kali ini akan membahas tentang "TEKNIK SIPIL" atau bahasa kerennya Civil Engineering. Sebagian dari kita pasti tau lah ya apa itu teknik sipil, tetapi bagi sebagian orang yang tidak mengetahui apa itu teknik sipil, pasti mereka akan mengira bahwa teknik sipil itu yang kerjanya di pemerintahan a.k.a Pegawai Negeri Sipil, emang sih kata belakangnya sama-sama sipil tapi ilmu yang dipelajari dan dijalani sangat jauh berbeda yaa!. Di artikel kali ini Saya akan membahas tentang "ADA APA AJA DI TEKNIK SIPIL???" berdasarkan pengetahuan yang Saya miliki sejauh ini okee hohoho, let's check this out.

Teknik Sipil adalah salah satu cabang dari banyaknya ilmu teknik, ilmu ini mempelajari bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia, itulah definisi umum tentang teknik sipil. Sebenarnya, ilmu teknik sipil itu awalnya berasal dari militer, kenapa dari militer Sat? Karena para tentara selalu membangun pertahanan, benteng, pos-pos militer, jadi kasarnya ilmu teknik sipil itu perkembangan dari bagian ilmu teknik militer yang mempelajari tentang pembangunan. FYI !! Teknik sipil juga disebut sebagai "Bapak dari ilmu teknik lainnya" woaahh keren banget kan teknik sipil!! walaupun rata-rata para engineer nya dekil-dekil karena selalu terjun ke lapangan konstuksi hohoho.

Sekarang sudah pada tau kan apa itu teknik sipil? Kalau sudah tau definisi nya, ga lengkap rasanya kalau hanya tau definisinya saja tanpa mengetahui apa aja ilmu yang dipelajari dalam teknik sipil. Sebagian orang mungkin mengira para engineer sipil cuma belajar ngaduk semen & nyuci pasir doang, pada kenyataannya pemikiran itu salah besar. Dalam teknik sipil, dipelajari lima ilmu yang berkaitan dengan teknik sipil itu sendiri, berikut lima cabang ilmu teknik sipil yang saling berkaitan satu sama lain:

1. Bidang Struktural


Bidang struktural, di bidang ini para calon engineer mempelajari tentang struktur bangunan secara mendalam. Mulai dari menghitung beban berdasarkan fungsi bangunan tersebut beserta faktor keamanannya, sehingga bangunan tersebut dapat berdiri kokoh dan meminimalkan kerusakan yang disebabkan bencana alam yang akan menganggu struktur bangunan itu sendiri. Menurut kebanyakan para mahasiswa teknik sipil sih, bidang struktur lah yang tersulit dibanding bidang-bidang lainnya hohoho, karena bidang ini akan lebih banyak mempelajari fisika dan matematika. Bidang ini memiliki banyak kelebihan, namun tidak luput pula dari kekurangan, berikut Saya uraikan kelebihan dan kekurangan dari bidang ini:

(+) Kelebihan :
  • Struktur akan ditemui dimanapun (Transportasi, perairan, dll), hal ini membuat peluang kerja di bidang struktur sangatlah luas.
  • Terbatas jumlahnya tetapi banyak dibutuhkan, sedikit para engineer yang mengambil bidang struktur saat kuliah, padahal nantinya struktur lah yang akan sangat dibutuhkan.
  • Harganya tinggi, maksudnya adalah upah yang diterima para orang struktur akan lebih tinggi dibanding yang lainnya, bisa cepet dapet restu dari mertua deh kalau udah begini hahaha.
(-) Kekurangan :
  • Rumitnya ilmu yang akan dihadapi, tetapi jika ikhlas menjalaninya kata rumit dalam struktur akan terhapus kok, tenang aja.
  • Tanggung jawab besar, hal inilah yang akan membuat semua kenikmatan setimpal. Bagaimana tidak, jika suatu bangunan rubuh atau tidak sesuai yang direncanakan, yang disalahkan/ditanyakan adalah ahli struktur. Fyi, tanggung jawab engineer terhadap proyek yang telah dibangun yaitu 90 hari.
2. Bidang Geoteknik


Bidang geoteknik, bidang yang akan mempelajari sifat berbagai macam tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri diatasnya. Tugas-tugas dari bidang geoteknik yaitu investigating, assesing, designing, structure foundation, monitoring construction. Cakupan kerja dari bidang ini juga cukup luas loh, berikut scope of work dari bidang geoteknik :
  • Geotechnicaal investigation
  • Foundation (Deep foundation & shallow foundation)
  • Retaining Earth Structure
  • Earth Works
  • Geosynthetics
Dari yang kita ketahui diatas bahwa geoteknik adalah ilmu tanah, berarti kelebihan dari bidang ini adalah jangkauan kerja yang luas, karena setiap bangunan yang berdiri harus dipertimbangkan dulu bagaimana kelayakan tanahnya, dan itu adalah tugas dari ahli geoteknik.

3. Bidang Manajemen Konstruksi


Bidang manajemen konstruksi, di bidang ini kita akan dibentuk menjadi seorang manajer yang baik dan handal dalam bidang konstruksi. Bidan manajemen ini juga sangat diperlukan lohh. Kenapa sangat diperlukan? Karena agar terjalannya suatu pembangunan dengan baik, maka diperlukan manajemen konstruksi, ada batasan-batasan yang membuat perlunya manajemen, yaitu biaya, mutu, waktu ketiga hal tersebut yang harus seimbang dan menjadi rintangan sendiri bagi seorang manajer konstruksi. Biasanya, bidang ini yang mencetak banyak koruptor, karena sangat meggiurkannya tawaran atau suapan dibidang ini, contohnya ketika safety factor bangunan yang seharusnya 1,6 x Beban ultimit tidak dihiraukan, dengan hal itu seorang manajemen akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar, tapi cara ini haram dan kita tidak boleh mencontohnya oke!!

4. Bidang Transportasi


Bidang transportasi, di bidang ini akan mempelajari tentang sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mengingat Indonesia yang sedang bersemangat dalam memajukan infrastrukturnya terutama dalam transportasi, bidang ini cocok diambil karena akan selalu dibutuhkan. Tetapi bidang ini juga mempunyai resiko, contohnya saat membangun jalan raya, tantangan terbesar seorang ahli transportasi adalah banjir, karena air akan merusak struktur jalan yang telah dibangun, dan karena hal inilah perlu adanya maintenance setiap waktunya, tujuannya supaya bangunan tetap baik dan berjalan sesuai fungsi dan tujuannya.

5. Bidang Perairan


Bidang perairain, di bidang ini para calon engineer akan mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Bidang ini mencangkup cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai, banjir dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal, drainase, breakwater. Kalian tau kan kalau Indonesia adalah negara yang sebagain besar wilayahnya adalah air, jadi bidang ini ga bisa dianggap remeh, karena akan sangat dibutuhkan untuk memajukan Indonesia menjadi lebih baik dibidang perairan hahaha.

Hmm kayanya udah lumayan panjang yaa pembahasan yang udah kita bahas, maka dari itu saya akan menutup dengan kesimpulan. Kesimpulannya adalah teknik sipil merupakan ilmu yang sangat penting di dunia ini, dan cabang-cabang ilmu didalamnya selalu berkaitan tidak ada perbandingan yang menonjol diantaranya, tetapi sedihnya yaitu teknik sipil adalah ilmu yang bisa dibilang menghancurkan alam :( maka dari itu pesan saya untuk para engineer maupun warga biasa adalah tetap jaga lingkungan sebaik mungkin, karena lingkungan kita akan menentukan bagaimana kualitas hidup kita.

Sekian artikel Saya kali ini tentang teknik sipil, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada kata-kata yang salah Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK SIPIL KERJANYA NGAPAIN YA?