TEKNIK SIPIL KERJANYA NGAPAIN YA?

TEKNIK SIPIL KERJANYA APA ?


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Heyhoo readers... Saya Satria Mudzaki, masih di blog dan penulis yang sama, kali ini saya akan membahas tentang ilmu teknik sipil "lagi", haduhh mungkin bosan kali ya bahasannya tentang teknik sipil terus, kalau bosan mohon dimaafkan dan sabar saja ya readers hehehe. Tapi artikel kali ini dijamin ga bakal bikin ngantuk kok.. kenapa? karena kali ini Saya akan membahas tentang macam-macam karir yang nantinya bisa ditempuh oleh para lulusan teknik sipil dan ada bonus juga dibagian akhir pembahasan okee, jadi stay awake ya kawan-kawan hohoho, let's cekidot.

Dalam artikel sebelumnya Saya pernah menjelaskan tentang teknik sipil, jadi readers sudah pada tau kan apa itu teknik sipil? Berarti tau dong kalau teknik sipil itu jangkauan nya luas, sama hal nya peluang kerja yang akan dimiliki oleh lulusan teknik sipil yang tersedia sangat banyak, tapi ingat ya readers semua kembali ke pribadi masing-masing, kalau pribadi malas ya akan susah mendapatkan pekerjaan nantinya, semoga kalian ga termasuk pribadi yang malas ya!. Kembali ke pembahasan, berikut Saya akan menguraikan profesi dari tiap cabang ilmu dalam teknik sipil :

1. Bidang Struktural
  • Desainer Spesialisasi, yang tugasnya merumuskan rencana yang memenuhi kriteria berdasarkan kualitas, biaya, dan keamanan.  
  • Evaluator atau analis, mengeksplorasi masalah keamanan pada struktur yang ada, memodifikasi struktur untuk meningkatkan tingkat keamanan atau untuk memperluas kemampuan yang ada. 
2. Bidang Geoteknik
  • Desainer Pondasi, merancang pondasi yang dalam atau dangkal untuk mendukung struktur bantalan beban, memeriksa tanah dan batu untuk menentukan stabilitas yang tersedia untuk suatu proyek. 
  • Manajer TPA, menciptakan fasilitas pengelolaan limbah yang memenuhi kebutuhan masyarakat, menerapkan praktik pengelolaan yang aman untuk menghindari kontaminasi tanah yang ada dan hidropat air. 
  • Ahli Geologi, menentukan jenis tanah dan batu yang ada, menguji kekuatan tanah untuk mendukung muatan, menyelidiki tanah longsor dan bencana alam / batu yang berhubungan dengan alam lainnya.
  • Insinyur Geosintetik, mendesain struktur teknik geoteknik dengan menggunakan material Geosynthetics.
3. Bidang Manajemen Konstruksi
  • Manajer Proyek, mengawasi keseluruhan proyek konstruksi, mengatur subkontraktor untuk memenuhi jalur kritis. 
  • Estimator, merumuskan biaya proyek, menyiapkan proposal penawaran, menggunakan kontrol kualitas untuk mengurangi biaya bagi perusahaan untuk mencapai tawaran terendah dalam sebuah proyek. 
  • Penjadwal, merancang jalur kritis proyek tanpa mengorbankan kualitas atau keamanan, bekerja sama dengan Manajer Proyek. 
  • Insinyur Proyek, merancang proyek untuk memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh pemilik dan peraturan pemerintah, memberikan solusi pragmatis untuk masalah sehari-hari selama konstruksi. 
4. Bidang Transportasi
  • Konsultan, membuat rekomendasi terkait infrastruktur, menangani masalah terkait transportasi.
  • Manajer Operasional, mengawasi arus lalu lintas, mengubah sistem jalan untuk memenuhi aliran siklik pola lalu lintas. 
  • Sistem Transportasi, meningkatkan sistem transportasi melalui kontrol kualitas dan penerapan langkah-langkah efisiensi (misalnya perangkat deteksi insiden dan jalur kendaraan berkekuatan tinggi), bekerja erat dengan layanan darurat. 
5. Bidang Perairan
  • Ahli Hidrologi, analisis data hujan turun, karakteristik aliran di saluran terbuka dan pipa, disain, waduk, mempelajari migrasi polusi dan perlindungan garis pantai dan pantai. 
  • Ahli Kesehatan (air bersih), Merencanakan dan merancang fasilitas air kota seperti pabrik pengolahan air dan pengolahan limbah. Juga dapat mengoperasikan dan merawat fasilitas ini. 
  • Insinyur Struktural Air, merancang proyek seperti: pembangkit listrik tenaga air, kanal, dan dermaga. 
Uraian diatas adalah sebagian dari banyaknya profesi teknik sipil di dunia ini, kira-kira readers kepingin jadi apa nih? konsultan kah atau ahli struktur kah? itu sih pilihan kalian masing-masing ya readers, semua keinginan itu akan tercapai kalau kita selalu berusaha dan berdoa kok readers, so.. jangan malas dan tetap semangat ya kawan !, dan ingat selalu ya readers, kalau setiap profesi itu akan berbuah baik selama itu halal, jadi apapun profesi nya jangan malu untuk dijalani, selama itu halal dan berdampak positif bagi diri sendiri dan orang lain, it's oke hohoho.

Sebelum Saya tutup pembahasan kali ini, ada bonus kalimat bijak dari Martin Luther King Jr yang berhubungan sama pembahasan kali ini nih readers, check this out !

"If a man is called to be a street sweeper, He could sweep streets even as a Michaelangelo painted, or Beethoven composed music or Shakespeare wrote poetry. He should sweep streets so well that all the hosts of heaven and earth will pause to say, 'Here lived a great street sweeper who did his job well".
- Marthin Luther King Jr

Sekian artikel Saya kali ini, semoga pembahasan yang telah disajikan bermanfaat untuk kita semua, jika ada kata-kata yang salah Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima Kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADA APA AJA DI TEKNIK SIPIL ???