PERMASALAHAN SOSIAL DI INDONESIA

PERMASALAHAN SOSIAL DI INDONESIA

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), makna dari permasalahan adalah hal yang menjadikan masalah, kasarnya permasalahan adalah awal mula dari suatu masalah. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas mendalam soal arti dari permasalahan itu sendiri, kali ini saya akan membahas tentang permasalahan yang terjadi di Indonesia, bagaimana hal itu bisa timbul, dan langkah apa yang harus ditempuk untuk mengatasinya.

Hampir setiap detik di Indonesia terjadi masalah, dan hampir setiap detik juga selalu ada masalah yang dipecahkan, entah itu diselesaikan dengan musyawarah atau dengan cara-cara lainnya. Khususnya masalah sosial, masalah yang selalu terjadi dan mempunyai cukup power untuk menghancurkan suatu negara jika tidak ditangani dengan baik dan tepat. Berikut sebagain masalah-masalah sosial yang seringkali terjadi di Indonesia, beserta pemecahan masalahnya :

1) Perilaku Membuang Sampah Sembarangan

Membuang sampah memang terdengar hal sepele bagi sebagian orang, sebagian berpikir bahwa membuang satu atau sedikit sampah sembarangan bukanlah suatu masalah, ya memang benar itu tidak menjadi masalah pada “awalnya” tapi itu akan menjadi masalah jika hal itu dilakukan setiap waktu oleh banyak orang, awalnya satu sampah lama-lama menjadi bukit sampah.

Menurut saya, penanganan terbaik yang dapat dilakukan yaitu menyediakan lebih banyak tempat sampah disetiap tempat dan memberikan sanksi yang cukup kuat untuk membuat para pelanggarnya jera dan tidak ingin mengulanginya lagi.


2) Korupsi

Korupsi, korupsi adalah perbuatan seseorang yang menyalahgunakan kepercayaan dalam suatu masalah atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan. Saat ini Indonesia sedang gencar-gencarnya memberantas korupsi, berbagai upaya telah dikerahkan pemerintah dan rakyat untuk memberantasnya, tetapi tetap saja masih banyak oknum-oknum jahat yang selalu berbuat curang demi kepentingan pribadi.

Menurut saya, penangan terbaik untuk korupsi adalah dibuat dan dijalankannya peraturan yang ketat bagi si pelanggar dengan cara adil tanpa memandang siapa yang melaukannya.


3) Kemiskinan

Kemiskinan merupakan masalah utama yang melanda Indonesia. Hampir di setiap sudut ditemukan pemukiman kumuh. Ada sekitar 30 juta rakyat Indonesia yang hidup sangat miskin. Penyebab utama kemiskinan adalah ledakan penduduk yang tidak disertai dengan peningkatan kualitas penduduk tersebut ditambah lagi dengan kebutuhan hidup yang makin kompleks dan mahal

Sekian pembahasan tentang permasalahan sosial di Indonesia, saya harap kita semua selalu dapat mengambil makna positif dari setiap masalah dan tidak terlelap dalam kesalahan, terima kasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK SIPIL KERJANYA NGAPAIN YA?

ADA APA AJA DI TEKNIK SIPIL ???